pengalaman liburan
- Klub, Lainnya, Negara, Serba-Serbi, Transfer

Pengalaman Liburan Ke Bali Sendirian

Biasanya liburan ke Bali itu dilakukan groupies, atau berkelompok. Entah itu dengan keluarga, teman-teman, atau acara liburan kelas. Berbeda dengan pengalaman saya kali ini.

Liburan ke Bali kali ini saya haya sendiri.

Ngga asyik kesana sendiri

Mau ngapain ke Bali sendiri, nanti yang foto in siapa

Yeah, sekali-kali merasakan juga yang namanya solo travelling dong, dan Bali kayaknya cukup seru untuk hal ini.

 

Pengalaman Solo Traveling ke Bali

Disini saya akan membahas pengalaman liburan ke Bali sendirian, mulai dari hotel, destinasi yang saya kunjungi, kuliner hingga transportasi. Untuk kamu yang juga mau kesana, simak baik-baik ya..

  1. Transportasi menuju Bali

Pengalaman saya yang pertama adalah transportasi yang digunakan untuk ke Bali. waktu itu saya berangkat dari Yogyakarta, tepatnya Bandara Adi Sucipto.

 

Dengan Lion Air saya mengeluarkan uang sebanyak Rp 625.000 untuk berangkat, sedangkan saat kembali ke Yogyakarta saya menggunakan maskapai yang sama namun biayanya Rp 845.000. Sengaja saya memilih kelas ekonomi untuk lebih menghemat biaya.

 

  1. Penginapan

Soal penginapan saya memercayakannya kepada aplikasi pesan hotel. Saya memilih Kutabex Beachfront Hotel saat itu, karena hotel berbintang tiga ini dekat dengan Pantai Kuta.

 

Biaya 500 an ribu rupiah saya keluarkan untuk satu malam. Fasilitas yang didapat dengan harga tersebut sangatlah masuk akal. Kamarnya yang premium dan memiliki space yang cukup besar.

 

  1. Kuliner

Inilah bagian yang paling menyenangkan untuk diceritakan dalam pengalaman liburan ke Bali kali ini. Beberapa rumah makan saya coba saat di Bali, antara lain The Sayan House, Made’s Warung, Sarong Restaurant, dan lain-lain.

 

Pada hari pertama saya mengunjungi The Sayan House. The Sayan House menyediakan berbagai menu berkonsep fusion casual dining, antara lain Taco, Salad, masakan Meksiko, Jepang, dan aneka fusion. Kisaran makanan di restoran ini antara 200 ribu hingga 500 ribu rupiah.

 

Made’s Warung berlokasi di Jalan Raya Seminyak, waktu itu saya mampoir kesini setelah berwisata malam, karena rumah makan ini buka pada jam 10.00 hingga 00.30.

 

Menu yang ditawarkan antara lain Nasi Goreng khas Bali, Nasi Campur, Mie goreng, salad, fish and chips, dan lain-lain. Soal harga, Made’s Warung memiliki menu lebih terjangkau daripada The Sayan House, yaitu berkisar antara 75 ribu sampai 200 ribu saja.

 

  1. Destinasi

Hari pertama dalam pengalaman liburan ke Bali sendirian adalah mengunjungi daerah Ubud. Suasana alam di Ubud ini sungguh nyaman dan membuat otak kembali segar. Banyak area sawah, juga toko – toko antik yang menjual ukiran kayu, lukisan, dan perhiasan.

 

Di Ubud saya mengunjungi beberapa Pura, seperti Pura Beji, Pura Prajapati dan Pura Padangtegal. Disana juga ada destinasi wisata Monkey Forest, banyak sekali monyet yang bertebaran disana. Penduduk sekitar juga menyarankan untuk tidak mengganggu monyet-monyet tersebut.

 

Lanjut ke Goa Gajah, rupanya goa ini diduga sudah ada sejak abad ke 11, tetapi baru ditemukan arkeolog tahun 1923. Saya disambut dengan pintu goa berbentuk mulut raksasa saat sampai. Disana juga ada dua kolam yang saat ini digunakan untuk ritual penyucian umat agama Hindu.

 

Tiket masuk menuju Goa Gajah berharga Rp 15.000, berlokasi di Gianyar dan beroperasi pada pukul 08.00 sampai 16.00

 

Sebenarnya masih ada destinasi yang saya kunjungi selama di Bali, ada Pantai Sanur, Garuda Wisnu Kencana atau GWK, Pantai Uluwatu, dan Danau Tamblingan, tetapi saya rasa disini saya bahas dua destinasi diatas saja.

 

  1. Transportasi

Mayoritas transportasi yang saya gunakan selama pengalaman liburan ke Bali sendirian adalah ojek online. Selain merasa nyaman, saya juga sudah terbiasa menggunakan ojek online saat di Yogyakarta.

 

Tetapi tidak hanya ojek online yang menemasi saya selama di Bali. saya juga mencoba menggunakan Bus Kura – Kura. Dalam sekali jalan saya perlu mengeluarkan uang sebesar 20.000 rupiah. Ada banyak rute yang disediakan shuttle bus ini, antara lain Pantai Seminyak, Pantai Uluwatu, Pantai Legian, Pantai Ubud, dan lain-lain.

Itulah pengalaman liburan ke Bali sendirian secara singkat. Walaupun sendirian, saya mendapat banyak kenangan dan pengalaman saat di Bali. Saya merasakan kebebasan yang lebih saat berjalan-jalan disana sendirian.

 

error